Selasa, 10 Mei 2011

'Afifah Thahirah

Ada yang tahu siapakah 'afifah thahirah ini?
Siapakah sebenarnya dia?
Adakah sesuatu yang spesial darinya?

'Afifah Thahirah... Sang wanita suci...
Siapakah dia? Hingga Rosulullah pun mengatakan "Sungguh aku telah dikarunia cintanya" bahkan sampai Rosulullah pun hampir tidak pernah keluar rumah karena rindu dan cinta kepada 'Afifah Thahira ini dan selalu memujinya.

Siapakah sebetulnya 'Afifah Thahirah ini yang membuat Rosulullah begitu mencintainya...

'Afifah Thahirah merupakan seorang wanita pedagang mulia dan kaya pada masa jahiliyah. Ya, dialah Siti Khadijah yang memiliki akhlak yang sangat lembut pada masa jahiliyah. 'Afifah Thahirah merupakan seorang pedagang kaya hingga dari profesinya ini Allah mempertemukan Rosullah saw kepadanya.'Afifah Thahirah mencoba memberikan amanat kepada Nabi Muhammad SAW dengan membawa dagangannya ke Syam atau yang saat ini dikenal sebagai negri palestina, Syiria, Libanon, dan Yordania. "afifah thahirah ini memberikan amanat dagang kepada Rosulullah karena ia mendengar kabar tentang kejujuran Nabi Muhammad saw. Bersama kepercayaan 'Afifah thahirah yaitu Maisarah, Rosulullah saw pun berdagang ke Syam.

Dalam perjalanan dagang ini, Nabi Muhammad saw berhasil membawa keuntungan yang berlipat ganda. Dari berita kepercayaan 'Afifah thahirah ini, ia semakin bertambah yakin terhadapnya. Selama perjalanan tersebut Maisarah sangat mengagumi akhlak dan kejujuran Nabi hingga semua sifat dan perilaku yang nabi Muhammad lakukan dilporkan kepada 'Afifah Thahirah alias Siti Kahidijah ini. 'Afifah thahirah ini pun tertarik dan ia pun memang terkejut oleh keberkahan yang diperoleh dari perniagaan Nabi saw. Hal inilah yang membuat 'Afifah Thahirah ingin menikah dengan Nabi saw. dan Nabi Muhammad pun menyetujuinya. Pada saat ini umur rosulullah saw adalah 25 tahun dan 'Afifah Thahirah 40 tahun.

Rosullah saw pun menikahi 'Afifah thahirah ini karena akhlaknya yang sangat baik. Hingga Ali pun pernah mendengar sabda Beliau "Sebaik-baiknya wanita langit adalah Maryam binti Imran, dan sebaik-baiknya wanita bumi adalah Khadijah binti Khuwalid."

Dan dari Aisyah yang pernah mendengar sabda Rosulullah saw "Aku tidak pernah cemburu kepada istri-istri Nabi saw kecuali kepada Khadijah, sekalipun aku tidak pernah bertemu dengannya. adalah Rosulullah saw apabila menyembelih kambing ia berpesan "Kirimkan daging ini kepada teman-teman khadijah". Pada suatu hari aku memarahinya dan berkata "Khadijah???" Kemudian Rosulullah saw bersabda "Sesungguhnya aku telah dikarunia cintanya" HR. Bukhari dan Muslim.

Ahmad dan Thabrani meriwayatkan dari Masruq dari Aisyah ra, ia berkata
"Hampir tidak pernah Rosulullah keluar rumah sehingga menyebut Khadijah dan memujinya. Pada suatu hari Rosulullah menyebutnya sehingga menimbulkan kecemburuanku. Lalu aku katakan,"Bukankah ia hanya seorang tua yang Allah telah menggantikannya untuk kakanda yang lebih baik darinya? Kemudian Rosulullah seraya bersabda "Demi Allah, Allah tidak menggantikan untukku orang yang lebih baik darinya. Dia beriman ketika orang-orang beringkar, dia membenarkan aku ketika orang-orang mendustakanku, dia membela dengan hartanya ketika orang-orang menghalangiku, dan aku dikaruniani Allah anak darinya, sementara aku tidak dikaruniai anak sama sekali dari istri lainnya."

Rosulullah saw menginginkan Khadijah karena kemuliaan akhlaknya diantara kerabat dan kaumnya. Karena kemuliaan akhlaknya inilah Siti Khadijah mendapatkan julukan 'Afifah Thahirah Sang Wanita Suci pada masa Jahiliyah.

Dan karena kelembutan dan ketaatan serta pengorbanannya di jalan Allah, Allah swt mengirimkan salam buat Khadijah melalui malaikat jibril. dan Jibril berkata kepada Nabi Muhammad saw "apabila datang kepadamu, sampaikanlah salam dari Tuhannya dan beritahukan kepadanya tentang sebuah rumah disyurga yang terbuat dari mutiara yang tiada suara gaduh di dalamnya dan tiada kepenatan" HR. Bukhori.

Subhanallah...
Semoga kita bisa mengambil hikmah yang luar biasa dari profil baiknya 'Afifah Thahirah ini...

Siapakah the next 'Afifah thahirah yang akan mendapatkan mutiara indah disyurga Allah swt???

Semoga kita senantiasa bisa meng-up grade pribadi kita untuk lebih baik... meskipun tak sebaik 'Afifah Thahirah sebenarnya...

Allahu'alam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar