Selasa, 12 Oktober 2010

Koordinasi Itu Penting!

Pernah merasa koordinasi tidak berjalan dengan baik? Apa akibatnya jika koordinasi tidak berjalan dengan baik? Apalagi bagi para aktivis kampus yang sering eksis dari berbagai macam kegiatan tentu sangat pernah mersakan urgensinya koordinasi.
Tak ada koordinasi, semua “miscom” bahkan acara kegiatan yang sudah terkonsep dengan baik bisa jadi buyar kurang berjalan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan. FATAL... apalagi jika acara melibatkan pihak instansi atau lembaga yang terkait, birokrasi, dan lain sebagainya,,, komunikasi sangatlah penting pengimplementasiannya.

Kondisi pemimpin dari suatu kegiatan atau ketua panitia misalnya harus bisa melihat kondisi stafnya. Selalu diajak komunikasi dengan baik agar koordinasi selalu lancar. Inilah fungsinya suatu organisasi, melatih pembelajaran Tim Building yang baik mulai dari manajemen diri, manajemen tim, hingga manajemen organisasi. Koordinasi yang sangat baik akan melahirkan kaderisasi yang sangat baik pula. Hal ini memang butuh pengorbanan demi tercapainya tujuan yang telah dibuat bersama dalam suatu organisasi tersebut.

Jika sedikit Egoisme telah masuk ke sisi-sisi hati, itu akan berbahaya efeknya kepada amanah yang dijalani. Disorientasi pasti mawarnai karena orientasi yang dimiliki tidak pada tujuan sebenarnya. Inilah buruknya jika koordinasi kurang berjalan dengan baik. Membangun piramida sehat dimulai dari koordinasi yang keren.
Tanpa koordinasi dan komunikasi yang baik pasti tiadalah hasil bermanfaat yang bisa kita ambil. Yang ada hanya justru ego, amarah, dan hanya melelahkan diri pribadi tanpa ada hasil yang bermanfaat.

Ini pembelajaran kita bagi para aktivis agar selalu menjaga koordinasi dan komunikasi dalam organisasi atau kepanitiaan apapun yang kita ikuti. Mari kita jaga koordinasi dan komunikasi kita dengan baik agar regenerasi selanjutnya dapat terpelihara dengan baik pula.

Hidup Mahasiswa!

1 komentar: