Jumat, 03 Februari 2012

Siaga Pun Berpesta...


Semangat terus berkobar dari jiwa-jiwa anak Indonesia kelas 3, 4, dan 5 SDN 01 Kwadungan Jurang kecamatan Kledung Temanggung untuk berlatih dalam rangka persiapan menghadapi Pesta Siaga yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Februari 2012. Siapa tak kenal dengan kata “Siaga” yang sudah menjadi ciri khas dari PRAMUKA untuk generasi tingkat I. Pesta Siaga merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diikuti oleh tingkat siaga seluruh siswa siswi kelas 3, 4, dan 5 SD Se-Kecamatan Kabupaten Temanggung. Perlombaan ini meliputi perlombaan PRAMUKA seperti baris berbaris, yel-yel, pengetahuan nama pahlawan nasional, nama gunung terkenal di Indonesia, dan nama makanan khas dari Jawa Tengah, dan lainnya.

Pelatihan persiapan lomba Pesta Siaga ini dilakukan rutin setiap hari senin hingga jum’at di SD 01 Kwadungan Jurang jam 13.00 WIB seusai mereka pulang sekolah. Hadirnya mahasiswa KKN Tim I UNDIP di desa Kwadungan Jurang sangat membantu proses pelatihan ini. “Kaka-kaka KKN” yang merupakan sapaan dari adik-adik PRAMUKA ini mendapatkan peran sebagai pengajar adik-adik untuk persiapan Pesta Siaga. “Peran ini secara langsung diamanahkan kepada mahasiswa KKN Tim I UNDIP agar bisa membantu pihak sekolah melatih dan mengajar PRAMUKA untuk anak-anak kelas 3, 4, dan 5 SD Kwadungan Jurang” ujar Ibu Kepala Sekolah SD 01 Kwadungan Jurang pada saat bersilaturrahim dengan mahasiswa KKN Tim I UNDIP. Pada tanggal 27 Januari 2012 silam, KKN Tim I UNDIP mengambil peran sebagai pelatih PRAMUKA sampai jadwal perlombaan dilaksanakan.

Sebanyak 27 murid dari kelas 3, 4, dan 5 SD 01 Kwadungan Jurang siap mengikuti Pesta Siaga. Hadirnya mahasiswa KKN Tim I UNDIP sebagai pengajar juga membuat mereka lebih bersahabat dan akrab terhadap materi yang diberikan. “Kaka-kaka KKN lucu-lucu dan mengasyikan” kata salah satu murid kelas 4. Semangat tidak membuat mereka lelah bahkan selalu ceria dalam latihan PRAMUKA, mereka senang karena akhirnya siaga pun berpesta. “Jadi yang terbaik pasti harapan kami tetapi pengalaman jauh lebih berarti” kata salah satu guru SD 01 Kwadungan Jurang. (LH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar