Sabtu, 04 Februari 2012

Yuk Belajar!




Program “Belajar Mengajar” merupakan progam pokok kegiatan mahasiswa KKN Tim I UNDIP untuk anak-anak SD dan SMP. Program ini dilaksanakan secara rutin setiap hari aktif dan intensive khusus untuk anak kelas 6 SD dan kelas 3 SMP. Hal ini diutamakan karena akselerasi materi dan pengulangan semua materi kembali untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional, sedangkan untuk murid di bawah kelas 6 SD dan kelas 3 SMP, kegiatan belajar mengajar dilakukan setiap hari senin, rabu, dan jum’at pada pukul 15.00 WIB dan 19.00 WIB secara bergantian sesuai jadwal yang telah diberikan oleh mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi ke sekolah yang berada di desa Kwadungan Jurang Kledung Temanggung. Desa Kwadungan memiliki satu sekolah SD yaitu SD 01 Kwadungan Jurang. “Kami sangat senang dengan kehiadiran mas-mas dan mba-mba KKN dari UNDIP karena telah bersedia membantu kami dalam mendidik anak-anak, apalagi kelas 6 SD yang mau UN” ujar Ibu kepala sekolah SD 01 Kwadungan Jurang pada saat mahasiswa KKN sosialisasi ke sekolah (23/2/12). Kegiatan ini tentu mendapat apresiatif dari pihak sekolah dan materi-materi (kisi-kisi) untuk UN pun telah disediakan.

Kegiatan belajar mengajar ini mendapatkan tempatkan satu ruang khusus di sekolah untuk anak kelas 6 SD pada setiap hari senin dan jum’at pukul 13.00 WIB. Bidang materi garapan utama adalah mata pelajaran UN yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Bidang materi UAS adalah mata pelajaran selain UN. Anak-anak pun sangat antusias dalam program ini. Terlihat sikap semangatnya setelah bimbingan belajar selalu bertanya “mba nanti boleh ikut les lagi, gak?” tanya salah satu anak kelas 6 SD 01 Kwadungan Jurang.

SD 01 Kwadungan Jurang sudah masuk peringkat terbaik dalam tingkat hasil UN tahun lalu. “Untuk itu kami harus bisa mempertahankan prestasi ini” kata salah satu guru SD 01 Kwadungan Jurang. Salah satu murid kelas 6 SD yang bernama Khabib Faturrahman adalah pemenang juara 2 lomba Olimpade bidang Matematika tingkat kecamatan, sungguh prestatif SD 01 Kwadungan Jurang ini. Selain bidang mata pelajaran, bidang seni budaya pun tak kalah pintarnya anak-anak ini untuk menggeluti bidang ini.


Kegiatan belajar mengajar ini berlangsung di Posko KKN Tim I UNDIP yang bertempat di kediaman rumah Bapak Sriyono yang merupakan Bapak Kepala Desa Kwadungan Jurang. Kegiatan ini pun mendapat apresiatif luar biasa dari Bapak Kepala Desa. “Salah satu yang memang sangat diperlukan di desa ini adalah peningkatan kualitas pendidikan, untuk itu, berikanlah ilmu mba dan mas semua yang jauh-jauh dari UNDIP untuk bisa membimbing adik-adik dalam bidang pendidikan khususnya” kata Bapak Kepala Desa.

Program belajar mengajar ini akan diakhiri dengan program besar KKN Tim I UNDIP yaitu lomba “Cerdas Cermat dan Mewarnai”. Perlombaan cerdas cermat ini dikukhuskan untuk anak-anak kelas 4, 5, dan 6 SD. Sedangkan mewarnai untuk kelas 1, 2, dan 3 SD. Perlombaan ini akan dilaksanakan pada hari sabtu, 11 Februari 2012 mendatang. Kegiatan ini juga sangat didukung oleh pihak sekolah SD di Kwadungan Jurang. “Jika itu kegiatan yang dapat memberikan pengetahuan lebih tentu akan kami dukung” kata Ibu Kepala Sekolah SD 01 Kwadungan Jurang. (LH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar